Yuginews Indonesia Collection; GT Bandung, ACGF, GT Jatim, dan YCS (?)Solo

Jadi seminggu ini aku benar-benar tidak sempat menyentuh blog ini untuk menuliskan update sementara berita-berita tentang Yugioh Indonesia semakin bejibun, jadi apa boleh buat; terpaksa harus kugabung semua.

GT Bandung 24 November 2013 kemarin dimenangkan oleh Dean Septian dengan Dragon Ruler. Seminggu sebelumnya, Dean baru saja memenangkan Card Games Beat Party di Tangerang dengan Mermail. Kedua turnamen tersebut sama-sama bertemakan turnamen akbar dengan hadiah yang besar dan sama-sama diikuti oleh 30-an peserta dengan 5 Swiss Round dan Top Cut. Memenangkan dua turnamen akbar secara berturut-turut jelas sebuah prestasi tersendiri jadi aku benar-benar mengucapkan selamat untuk bang Dean.

Selain Dean Septian, tiga Kaijin Florsheim juga melaju ke Top 8 GT Bandung. Salah satunya, Vandy Putrandika melaju sampai ke Final sampai akhirnya dikalahkan oleh Dean. Fakta ini menunjukkan bahwa Florsheim masih berkuasa di Bandung.

Beralih ke Yogya, 30 November lalu baru saja diadakan Ani-Nyan Card Game Festival (ACGF), sebuah turnamen akbar pertama dengan format OCG. Turnamen ini jelas merupakan milestone bagi komunitas Yugioh OCG di Indonesia yang sayangnya kurang tereksekusi dengan baik. ACGF hanya diikuti oleh 20-an peserta kendati woro-woronya yang sudah dari jauh-jauh hari. Hal ini menunjukkan bahwa komunitas OCG masih belum bisa menunjukkan ke-solid-annya dalam men-support acara besar pertama mereka sendiri.

Selain itu, untuk sebuah turnamen akbar yang harusnya menjadi milestone bagi komunitas OCG, coverage event-nya sangat sedikit. Aku bahkan harus mengecek status FB Bunburn dan comment Tus di Grup Emperians hanya untuk mengetahui Top 8 dan juaranya. Seharusnya event coverage untuk turnamen ini lebih diperbanyak untuk menunjukkan sekeren apa acara yang dapat dibuat oleh komunitas OCG.


Aku yakin ACGF ini benar-benar sebuah acara yang keren dengan melihat poster dan agenda-agenda yang disebutkan di sana. Aku benar-benar tertarik untuk mengetahui seperti apa Workshop TCG yang ditulis di poster itu. Permasalahannya, kalau coverage-nya tidak ada aku pun tidak bisa mengetahui seberapa keren acara ini. Dan kalau coverage-nya baru ada dua-tiga hari sesudahnya maka orang-orang pun akan mulai lupa kalau acara ini pernah diadakan.

Aku pernah mengikuti turnamen debat yang di sana panitianya menampilkan live tweet yang berisi pairing tiap round, apa saja motion-nya, beserta foto-foto para debater di setiap round. Kebijakan ini membuat mereka yang tidak menjadi peserta dalam turnamen dapat tetap merasakan apa yang terjadi di turnamen tersebut. Coverage semacam inilah yang harusnya ada dalam turnamen Yugioh, sebab dengan begitu akan lebih banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam turnamen tersebut secara tidak langsung.

Nevertheless, ACGF dimenangkan oleh Infernity yang dipiloti oleh Rifki dari Tuan Rumah (Yogya) dan final-nya adalah Infernity Mirror Match. Tiga Evilswarm juga melaju ke Top 8. Evilswarm tampaknya masih menjadi deck utama di Indonesia.

Event di Bulan Desember


Bulan Desember ini akan ada dua event Yugioh di Indonesia. Yang pertama adalah GT Jatim dan Yugioh Championship Solo (YCS). Kedua turnamen menggunakan format TCG. GT Jatim akan diselenggarakan di Malang pada 15 Desember 2013 dengan hadiah utama berupa Pot of Dichotomy dan Trophy untuk juara 1, 2, dan 3. Info lebih lanjut dapat diakses di Grup Facebook GT Jatim.

Sementara itu, YCS Solo akan diadakan pada 22 Desember 2013 dengan hadiah utama berupa satu set Legendary Collection Joey's World dan Trophy untuk juara 1, 2, dan 3. Info lebih lanjut dapat diakses di event facebook YCS Solo.

Solo memilih nama yang benar-benar unik untuk turnamen akbar-nya. Orang-orang yang mengikutinya akan dapat dengan bangga mengatakan "Gua udah pernah ikut YCS" tanpa harus memberitahu bahwa YCS yang dimaksud adalah YCS KW. Kurasa akan lebih bagus kalau YCS Solo bisa memberikan original playmat yang menandakan keikutsertaan YCS Solo layaknya YCS pada umumnya.

Kudengar anak-anak Emperians akan melakukan invasi berjamaah ke YCS Solo berhubung tanggal 23 adalah minggu tenang Undip. YCS Solo tampaknya akan menjadi pestanya anak-anak Jawa Tengah setelah Joglosemar kemarin.

Selain kedua turnamen akbar tadi, akan diselenggarakan juga Gamecon UI pada 13-14 Desember 2013. Sampai saat ini website Gamecon UI baru menyebutkan bahwa mereka akan mengadakan turnamen untuk Vanguard dan MTG, namun kabarnya akan diadakan turnamen Yugioh juga di sana. After all, lambang Yugioh jelas-jelas terpampang di sana.

Sejauh ini kurasa itu saja berita-berita tentang Yugioh Indonesia yang berhasil kutemukan. Evilswarm dan Rogue deck dengan banyak backrow masih akan jadi deck utama dalam turnamen di atas jadi jangan lupa siapkan siding untuk melawan mereka jika ingin mengikuti GT Jatim atau YCS Solo.

I hope this article can be useful for you :)


Comments

Post a Comment

Popular Posts