Jeff Jones' Soulfire

Beberapa minggu yang lalu aku mempost di salah satu grup berjualan kartu Yugioh bahwa aku akan menjual deck Crane Crane Plants-ku. Beberapa menit setelahnya, aku mendapat beberapa PM namun isinya bukanlah orang-orang yang ingin menego deck-ku tapi malah teman-teman yang menanyakan, "Kenapa deck lo dijual?" dan ada juga yang mengatakan, "Wah padahal deck itu sudah cocok banget sama elo." Well, don't worry guys, I'm not serious about selling the deck. I mean, lihat saja banderol harga yang kuberikan, itu bukan harga yang rasional haha.

Ya, sebetulnya aku masih agak ragu untuk menjual deck ini, I really love playing it, walaupun deck tersebut tidak begitu konsisten dan punya banyak dead draw. Tapi aku merasa bahwa deck ini masih punya potensi dan aku menjadi semakin yakin karena Jeff Jones, salah satu duelist favoritku, akhirnya membuat deck yang serupa. Ya, aku sudah yakin bahwa suatu saat Jeff Jones akan membuat deck seperti yang kubuat ini and boy he made it really good (check out his article here).

Salah satu yang membuat Jeff Jones akhirnya membuat deck ini tentu adalah kehadiran booster set Dragon Legend yang memberikan dua support spesial untuk deck ini, yaitu:



Soul Charge adalah kartu luar biasa yang meng-extend kemampuan segala jenis combo deck, termasuk deck-ku, menjadi hampir tidak terbatas. Banyak yang mengeluh bahwa kartu ini broken, unfair, brainless, bla bla bla, tapi ya ya ya, mainkan saja kartu ini bro, dan kamu akan tahu bahwa kartu ini benar-benar me-reward orang-orang yang memiliki skill. 

Kemudian sang profesor, Mathematician, this card is basically a love letter from Konami to my deck. Bagaimana mereka bisa tahu kalau deck-ku sangat membutuhkan kartu ini? Sekarang aku tidak perlu repot-repot menaruh dua monster earth di field dan membuat Meliae hanya untuk men-dump Dandylion, cukup panggil si kakek dan dua token akan datang gratis di field untuk diabuse oleh Super Solar, Pollinosis, Lonefire, dll. Wonderful! 

Salah satu aspek yang secara tidak langsung dikritisi oleh Jeff Jones dari Crane Crane Plants adalah ketergantungannya yang besar pada normal summon Crane Crane. Benar bahwa Crane Crane adalah 1-card combo yang dapat menghasilkan field super imba, tapi itu hanya akan terjadi jika normal summon-nya berhasil. Sekali saja normal summon Crane Crane digagalkan (oleh Veiler, Fiendish, BTS, Warning, bahkan maxx C, dst dst), maka voila, kamu akan sangat terbuka untuk serangan lawan. Permasalahan yang sama ini juga di-adress oleh Ergo dari Rudest Awakening (check out his article here

Keputusan Jeff Jones untuk hanya menggunakan satu Crane Crane di deck-nya menjadi amat menarik. Dengan demikian, deck-nya tidak akan terlalu bergantung pada normal summon Crane Crane, tapi lebih ke normal summon Mathematician yang lebih reliable. Aku suka dengan konsep ini. Aku juga melakukan hal yang sama pada Debris Dragon di deck Quickdandy-ku di masa lalu dan itu membuat deck-ku menjadi less dependant terhadap normal summon. 

Dengan adanya input-input semacam ini, aku jadi tidak ragu untuk kembali menggunakan deck ini., tentunya setelah membeli Mathematician haha. Soal Quasar, entahlah, aku merasa kartu itu hanya menjadi gimmick di deck ini. Paman Andre sudah pernah menguji deck ini dan hasilnya dalam tiga game dia hanya mampu membuat Quasar sekali. Persentasenya terlalu rendah, sehingga kurasa deck ini sebetulnya tidak perlu terlalu bergantung pada kartu tersebut dan aku tidak perlu mengeluarkan kocek sampai 1 juta untuk membelinya haha.

Anyway, aku akan segera mempost decklist kalau sudah menemukan build yang cukup baik. 

Semangat Pagi =D








Comments

Popular Posts