Menanti Banlist dan Random Rant terhadap Banlist Wishlist Bonaccini

Setiap kali banlist baru akan dirilis, aku selalu menjadi paranoid. Rasanya setiap detik aku selalu ingin mengecek facebook dan blog para yugi-blogger yang link-nya kutaruh di blog ini untuk mengetahui apakah banlist baru tersebut sudah dirilis atau belum (if you asked why i dont check konami's website, it's because their website's navigation is really dull, :p).

Anyway, aku melihat sudah ada berbagai prediksi banlist dan banlist wishlist yang beredar di internet. Umumnya mereka menaruh empat bapak naga di posisi limit dan bahkan ada yang mem-forbid-nya. Selain itu, mereka juga meng-unban beberapa kartu-kartu lama, seperti Goyo, Trishula, dan bahkan Pot of Greed (Seriously?). Yang paling utama adalah, mereka membatasi kartu-kartu yang secara harafiah mengatakan "You can't play YGO" seperti Gozen Match, Skill Drain, Rivalry of Warlords, Mind Drain, etc.

Di antara semua prediksi dan wishlist itu, satu yang menarik perhatian adalah yang dibuat oleh Michael Bonacchini (Death Aspect). Banlist wishlist yang ia buat adalah sebagai berikut:

Banned:
Limiter Removal
Sixth Sense

To 1:
Evilswarm Ophion
Crush Card Virus
Heavy Storm
Trishula, Dragon of the Ice Barrier

To 2:
Why does this even exist outside of Reborn Tengu?

To 3:
Royal Oppression
Solemn Judgment
Solemn Warning
Bottomless Traphole
Book of Moon
Soul Drain
Macrocosmos
Dimensional Fissure
Dimensional Prison
Primal Seed (Why was this at 1? Some shitty combo?)
Burial from a Different Dimension

Yang membuat banlist wishlist ini menarik adalah fakta bahwa dia sama sekali tidak mem-ban para naga, sementara ia malah men-unlimit semua kartu-kartu You Can't Play YGO, seperti Royal Oppression, Soul Drain, Macro Cosmos, dan Dimensional Fissure. Alasannya sangat sederhana: kartu-kartu tersebut tidak akan bisa membuat seseorang tidak dapat bermain Yugioh seandainya deck meta yang ada tidak bersifat hanya punya satu strategi. Baik dimensional fissure dan macro cosmos tidak akan berguna jika deck meta yang ada tidak terlalu bergantung pada graveyard dan masih memiliki strategi cadangan seandainya menghadapi kartu-kartu tersebut. 

Hal yang sama juga berlaku pada Royal Oppression, Gozen Match/Rivalry Warlords, kartu-kartu tersebut tidak akan berguna jika deck meta yang ada tidak terlalu bergantug pada men-spam field sebanyak-banyaknya dengan melakukan special summon. Hal ini berarti bahwa peng-unlimit-an kartu-kartu "You Cant't Play YGO" tersebut justru akan meng-encourage duelist untuk membuat deck yang lebih kreatif. Deck yang tidak bergantung pada satu strategi, melainkan memiliki banyak strategi. Alasan yang sama juga diberikan terkait peng-unban-an Crush Card Virus, yaitu untuk mencegah duelist terlalu bergantung kepada power attacker monster. Bagiku pribadi, hal ini tentu akan sangat baik bagi game Yugioh itu sendiri secara kita tidak akan lagi melihat duel dimana dua pemain bermasturbasi dengan combo yang sama di setiap putarannya.

Terkait pen-unlimit-an dari generic strong trap card, seperti solemn judgment, bottomless, solemn warning, dan dimensional prison, Bonaccini mengatakan bahwa itu penting agar duelist menjadi lebih berhati-hati dalam mengeluarkan resource-nya. Men-set kartu akan menjadi opsi yang relevan lagi dalam situasi semacam itu dan hal ini akan sangat baik, mengingat men-set kartu adalah salah satu mekanisme Yugioh yang telah lama ditinggalkan, kecuali oleh Mermail dengan linde-nya.

Secara keseluruhan, aku sangat menyukai alasan yang diberikan melalui banlist wishlist Bonaccini ini, namun aku tidak begitu yakin bahwa hal tersebut akan terwujud seandainya banlist ini benar-benar dirilis malam ini. Terkait meng-encourage duelist untuk menggunakan deck yang memiliki banyak strategi melalui peng-unlimitan kartu-kartu "You Can't Play YGO", aku tidak percaya ini akan terjadi. Alasannya sangat sederhana, deck-deck archetype yang dirilis Konami yang hanya memiliki satu jenis strategi hari ini telah memiliki konsistensi yang terlalu tinggi untuk dapat terganggu oleh kartu-kartu semacam ini. 

Mermail dan Spellbook misalnya. Seperti apapun DNA Surgery mengganggu kedua archetype itu untuk men-spam field dan melakukan control, ketika DNA Surgery sudah lenyap maka mereka akan dapat langsung menghabisi lawan dengan mudah. DNA Surgery dan kartu-kartu "You Can't Play YGO" lainnya adalah seperti bendungan yang hanya efektif ketika mereka berdiri. Namun ketika bendungan itu sudah dijebol, maka tidak ada satu pun yang bisa menghentikan air bah yang mengalir dari bendungan.

Deck-deck archetype yang ingin dikurangi oleh Bonaccini tersebut telah terlalu banyak memiliki kartu-kartu yang dapat mengatasi kartu-kartu "You Can't Play YGO" tadi. Mermail memiliki atlantean marksman, Spellbook memiliki spellbook fate, dsb. Pe-limit-an Heavy Storm justru akan semakin membantu mereka untuk melakukan ini. Itulah sebabnya, sebanyak apapun kartu "You Can't Play YGO" ini dibiarkan bebas dalam banlist, itu tidak akan men-discourage duelist untuk menggunakan deck-deck archetype yang hanya memiliki satu strategi secara mereka masih yakin bahwa mereka bisa menghancurkan kartu-kartu tersebut. Oleh sebab itu, aku lebih mendukung pengurangan terhadap kartu-kartu semacam ini untuk mengurangi adanya kemungkinan duelist yang sudah bermain sangat baik namun harus kalah hanya karena tidak menarik satu kartu x untuk menyingkirkan bendungan banjir tadi.

Kurasa hanya itulah yang dapat kukatakan untuk banlist wishlist Bonaccini. Terkesan agak sedikit me-rant, tapi biarlah. Hanya beberapa jam sebelum banlist baru dirilis so let's wait for it patiently. 

Comments

Popular Posts