Deck Idea untuk Januari 2014: Crane Crane Plants

Bulan Januari semakin mendekat. Tinggal sedikit lagi lonceng kematian para naga akan berbunyi dan aku pun harus melapangkan dada untuk mengganti deck haha.

Anyway, ada satu kartu yang sudah menarik perhatianku bahkan sebelum format September 2013 dimulai. Karu apakah itu? Inilah dia


Ya, Crane Crane. Sama dengan Tour Guide dan Masked Chameleon kartu ini adalah one card toolbox, namun dengan restriction yang lebih sedikit dibandingkan mereka. Pertama, monster yang bisa di-revive olehnya adalah universal. Apapun tipenya, apapun atributnya, berapapun defense-nya, asalkan dia lvl 3, dia bisa di-revive. Kedua, tidak ada larangan untuk men-synchro monster yang di-revive olehnya. Ketiga, tidak ada larangan untuk men-special summon dari tangan atau grave setelah menggunakan efeknya. Tiga keuntungan ini membuat hanya men-summon Crane Crane saja dapat memberikan beragam pilihan play yang menarik.

Kemudian sebagai monter beratribut EARTH, Crane Crane dapat mengakses salah satu XYZ rank 3 terbaik yang ada saat ini, yaitu Meliae of the Trees. Dan berbicara soal Meliae, apa kalian sudah dengar kalau Lonefire menjadi semilimit di format depan? Yep, it's not bad to play some plant, right?

Aku yakin ketika format duel sudah melambat dan Dragon Ruler sudah menghilang dari peredaran, kartu ini benar-benar akan bersinar. Januari 2014 nanti akan menjadi momen yang tepat untuk membuktikannya. 

Untuk saat ini, berikut adalah decklist Crane Crane Plants yang sudah kubuat:


Harus kuakui kalau mayoritas dari pilihan kartu di decklist ini terinspirasi dari pilihan kartu Jeff Jones untuk deck yang sama. Artikel lengkapnya dapat dibaca di sini.

Mayoritas playstyle deck ini sudah dijelaskan di artikel tersebut. Intinya, deck ini berfokus pada meningkatkan card advantage sebanyak-banyaknya di early game dengan memaksimalkan efek Crane Crane dan Meliae, memaksa lawan menurunkan boss monster-nya di mid game, menghentikannya dengan bantuan scapegoat dan kartu-kartu stall seperti Stardust Spark dan Fortune Tune, lalu mencuri boss monster lawan menggunakan Mark of the Roses untuk memenangkan game. 

Kalau ada perbedaan, kurasa hanyalah pilihanku memasukkan Exiled Force, M-X-Saber Invoker, Genex Ally Birdman, dan One for One. Exiled dan Invoker kumasukkan hanya supaya aku punya pilihan untuk mengkontrol ketika melakukan XYZ rank 3. Invoker + Exiled = Free Plus, dan kudengar semua yang gratis itu bagus. Selain itu, Exiled Force juga bisa di-recycle menggunakan efek Redox dan Leviair, jadi bisa dibilang bahwa Exiled tidak akan hanya menjadi one card one use.

Genex Ally Birdman kumasukkan untuk meningkatkan kecepatan deck dan menambah variasi play. Dia adalah kartu yang kalau tidak tertarik tidak apa-apa, tapi kalau tertarik bisa memberikan lebih banyak kesempatan menang. Terakhir One for One, I don't know, I think a plant deck needs it. Aku sebenarnya penasaran kenapa Jeff Jones tidak memasukkan One for One di deck-nya.

Kurasa sekian dulu, let me tell you more about this deck after I have tested it in one or two Tourneys :)

Comments

  1. - hedge guard 1 aj udah cukup buat ngisi graveya spore..
    - percuma bawa Mark of rose 3 ga ad PTD
    - monsternya banyak kebanish Mark of Rose, bawa D.D.R. 1
    - monster reborn dibanned, bsa bawa Miracle Fertilizer/Call of the hunted.. kalo yg pro biasanya bawa Limit Reverse buat summon Lonefire/Dandylion
    - Fortune Tune cuma bagus di deck yg pake engine Tour Guide.. sama di deck Madolche (Ticket obviously) mending ganti PTD ato Aingineer
    btw sekedar buat ide yg mau abuse Meliae dan Lonefire bisa baca DuelingDays.blogspot.com dan iydc-indonesia.blogspot.com tapi yg di IYDC ngebahas Marina :3
    ~~RareHunter.IYDC

    ReplyDelete
  2. Wow, thanks buat saran dan infonya, sangat membantu :D
    Btw sedikit feedback:
    -Hedge Guard di deck ini cukup penting, soalnya dia bukan cuma engine Spore tapi juga target Crane Crane, trus dia juga bisa ngelindungin Meliae, jadi kl cuma bawa 1 agak berat kayaknya
    -Terus ide untuk ngebawa PTD, Miracle/COTH, D.D.R itu menarik juga, akan dicoba.
    -Soal Fortune Tune cuma bagus di engine Tour Guide, nah ini mau tau juga kenapa ya? soalnya di deck ini pun dia juga bagus secara bisa nge-recycle lonefire ke deck lagi. Dan sebagai Fortune Tune juga bagus sebagai kartu stall secara dia gabisa ditarget. Angineer sm Zenmaines masih bisa dimacem-macemin, sementara Fortune Tune mau gamau harus diserang.
    Itu aja, nanti link blog-nya akan saya baca,
    sekali lagi thanks yak haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts