Crane Crane Plants Update 2.0

Yah, sudah lama juga tidak menulis soal Crane Crane Plants. Sudah beberapa turnamen yang kuikuti dan hasilnya sebetulnya kurang memuaskan, sehingga aku mulai kehilangan kepercayaan pada deck ini. Tapi memang salahku juga yang mengubah-ubah deck ini terlalu banyak dan semakin berbeda dari core deck-nya. Akan tetapi, deck ini tetap memiliki potensi, hanya saja dia belum memiliki build yang cukup konsisten untuk menjalankan play utamanya atau bahkan sekedar membuat basic formation-nya.

Build yang terakhir kugunakan adalah seperti ini:


Percaya atau tidak, build ini adalah build yang paling konsisten. Jurrac Dino kumasukkan untuk men-sync Horse Prince, mempercepat Lonefire turun ke field, dan juga bisa menjadi beater di kala dibutuhkan. Tiga Dragon Ruler dimasukkan sebagai pengganti Pot of Dichotomy untuk bermain-main di late game.

Dalam sejumlah testing yang kulakukan di beberapa turnamen lokal dan juga Card Games New Year Celebration, deck ini memiliki chance menang yang sangat tinggi di match 1. Namun, deck ini hampir selalu kalah di match 2. Permasalahannya bukan karena deck ini mudah di-siding, tapi deck ini memiliki terlalu banyak kemungkinan play yang membuatku stres sendiri ketika game 2 dan 3. Jadi dapat dikatakan, seringnya aku kalah menggunakan deck ini adalah kesalahanku sendiri yang belum mampu menjinakkan deck ini.

Berdasarkan testing-testing tersebut, aku menyimpulkan bahwa build seperti ini tidaklah cocok digunakan untuk turnamen besar karena terlalu menguras stamina. Deck ini sangat menyenangkan digunakan dalam permainan biasa, tapi jelas bukan deck yang dapat dibawa ke turnamen besar. Dengan kata lain, deck ini jelas masuk ke kategori tier 3.

Aku jadi merasa aku membutuhkan build yang lebih sederhana lagi. Build yang dapat jauh lebih konsisten menghasilkan Meliae, 2 random plant, dan 1 princess di field. Build yang dapat fokus pada membentuk formasi kuat itu dan mempertahankannya untuk waktu yang lama. Atas dasar itulah, kemudian aku membuat build Crane Crane Plants 2.0 yang kira-kira adalah seperti ini:


Yep, kalian tidak salah lihat, itu adalah Jerry Beans Man. Plant, Earth, lv3, atk 1750, dan normal monster, sangat cocok digunakan sebagai bahan Meliae, dapat dikeluarkan oleh Rescue Rabbit, dan dapat menjadi beater yang cukup powerful.

Hand terbaik yang dapat dimiliki oleh deck ini adalah Junk Forward/Marauding Captain/Crane Crane dan Lonefire Blossom di 1st turn dan beberapa backrow. Dengan hand seperti itu, maka kita akan bisa menghasilkan field yang berisi Meliae, 2 Lonefire, dan Chirubime. Sangat kuat dan di next turn aku bisa memanggil Tytannial dan semakin memperkuat field presence.

Hand terbaik kedua adalah dua monster earth yang bisa di-summon bersamaan dan Super Solar Nutrient. Biar bagaimanapun juga, kita tidak dapat mengharapkan lonefire akan selalu naik ke tangan. Dalam keadaan seperti itu, summon 2 monster earth, panggil meliae, dump dandy, lalu aktifkan Super Solar untuk memanggil Lonefire. Lonefire kemudian bisa memanggil Chirubime dan hasilnya di field akan ada Meliae, Chirubime, dan 1 lonefire. Cukup kuat dan di next turn, jika bertahan aku akan bisa memanggil Tytannial.

Intinya, theme utama dari deck ini adalah mempertahankan field presence. Bagaimana mempertahankan Meliae dan para Princess di field, dan menghabiskan life point lawan dengan beater seperti Botanical Lion. Problem utama dari deck ini adalah Dark Hole, Torrential, Exciton, Black Rose, dan semua kartu mass removal yang dapat menghabisi field presence dalam waktu singkat. Satu-satunya kartu untuk comeback dari deck ini adalah Crane Crane. Sayangnya tidak seperti Evilswarm, deck ini tidak bisa men-search Crane Crane dengan mudah, sehingga comeback terkadang menjadi sangat sulit.

That said, deck ini sudah cukup konsisten dan seru untuk dimainkan, well plant selalu seru untuk dimainkan. Dan asal tahu saja, Jerry Beans Man is so adorable, kapan lagi bisa memainkan kartu ini kalau bukan di deck ini? lol.

Comments

Post a Comment

Popular Posts