Dragon Rulers: Variasi, Potensi, dan Problem-nya

Dragon Rulers adalah deck yang menjadi pilihanku untuk bermain di format ini. Berbeda dengan Mermails dan Prophecy, aku merasa bahwa Dragon Rulers masih memberiku ruang untuk berkreasi. Core deck Dragon Rulers hanya terdiri dari 15 kartu: 4 naga dan 1 pedang, masing-masing 3 copy; 25 kartu yang tersisa kemudian menjadi terserah pada pilihan player masing-masing. Terkadang ada juga build yang hanya menggunakan 3 naga dengan membuang Tidal karena belum ada water dragon yang cukup bagus untuk di-search melalui efeknya. Ada juga build yang hanya menggunakan 2 pedang, dsb. Dragon Rulers September 2013 menawarkan cukup banyak ruang untuk player berkreasi dengan deck-nya and I like to be creative.

Namun walau bilang aku suka menjadi kreatif, aku juga suka menjadi malas, makanya Untuk saat ini aku masih menikmati kreativitas orang lain dengan me-netdeck list milik Edward Kuang, sang jawara YCS Toronto awal September ini. List Edward Kuang menurutku cukup random karena dia memasukkan Dragon Ravine, Debris + Dandy + Trooper, Skill Drain, lalu Raigeki Break dan Scapegoat sebagai tech-nya. List ini kukatakan random karena seperti berusaha menggabungkan beberapa kartu kunci yang dimiliki build-build Dragon Ruler lainnya, namely: Plant Ruler, Dragunity Ruler, dan Skill Drain Ruler. 

Build random ala Edward Kuang ini sejujurnya tidak begitu bagus digunakan dalam Dragon Ruler mirror match, apalagi kalau mirror match melawan Dragon Ruler Dragunity build yang lebih cepat, namun menurutku build seperti inilah yang menurutku paling cocok dengan kondisi meta yang amat diverse seperti Indonesia. Dalam kondisi meta yang diverse, kita tidak pernah tahu deck-deck apa saja yang akan kita lawan, itulah sebabnya deck kita harus memiliki jawaban terhadap semua tantangan yang diberikan oleh semua deck yang kemungkinan akan dihadapi. Prophecy, Mermail, Fire Fist, Bujin, Blackwing, Infernity, Madolche, Wind-Up, Inzektor, Rabbit, Karakuri, LSS, Chaos Dragons, Zombies, dll, deck yang kita buat harus mampu menjawab tantangan yang diberikan oleh semua deck itu.

Build random ala Edward Kuang ini sanggup memberikan jawaban bagi semua deck-deck di atas. Skill Drain adalah faktor utamanya. Kartu ini sendirian saja sanggup menghentikan hampir semua combo deck yang berporos pada efek monster, seperti: Infernity, Wind-Up, Inzektor, Zombies. Raigeki Break mampu menghentikan hampir semua deck beatdown yang hanya bisa men-summon satu monster per turn atau bisa spamming tapi butuh keberadaan at least satu monster di field, seperti: Blackwing, LSS, Bujin, Rabbit. Raigeki Break juga bisa menghancurkan spell, jadi dia bisa menggantikan MST untuk menembak hate card, seperti Imperial Iron Wall, Gozen Match, dan Vanity's Emptyness. 

Tapi dari semuanya, Debris Dragon adalah MVP di deck ini (Novan Kristianto, Juara NATS 2013). This card, single-handedly, will become a toolbox that can give an answer for anykind of problem in the field:
YOLO attack: Star Eater
Kondom proteksi: Stardust Dragon
Field Control: Scrap Dragon/Orient Dragon
Bersih-bersih: Black Rose Dragon
Game Breaking: Trishula (kalau main format OCG)
Tidak hanya itu, Debris Dragon juga naga, jadi setelah digunakan untuk synchro dan masuk grave, dia masih bisa di-abuse lagi untuk menjadi bahan banish para naga penguasa. Elemen anginnya membuat dia mudah untuk di-search oleh Tempest, sehingga Gold Sarcopaghus pun berubah text-nya menjadi: add 1 Debris Dragon from your deck to your hand. Kartu ini benar-benar sangat berguna untuk kondisi meta yang diverse seperti di Indonesia.

Scapegoat mungkin terlihat agak random, tapi kartu pencegah OTK seperti ini amat penting di deck Dragon Ruler. Ada kalanya deck ini tidak bisa menjaga field presence karena tidak menarik tuner atau gagal melakukan xyz. Di saat demikian, musuh bisa meng-exploitnya dengan melakukan OTK. Kartu pencegah OTK macam scapegoat ini sangat berguna di saat demikian. Umumnya player menggunakan Swift Scarecrow karena lebih pasti mencegah OTK dan dia bisa dibanish untuk ongkos panggil Redox. Tapi aku masih lebih memilih scapegoat karena kartu ini menawarkan lebih banyak play dan memberikan kesempatan untuk memukul balik lebih besar di turn selanjutnya dengan synchro summon, dsb. Token scapegoat juga bisa melindungi Dracossack, jadi dia cukup bagus untuk men-troll lawanmu yang berpikir sudah bisa menghancurkan Dracossack setelah membunuh anak-anaknya.

Namun seperti yang kukatakan di awal, build seperti ini tidak begitu bagus digunakan dalam Dragon Ruler mirror match apalagi melawan build lain yang lebih cepat. Build Edward Kuang ini sangatlah lambat. Untuk dapat mengisi graveyard, dia amat bergantung pada Dragon Ravine dan Card Trooper yang keduanya tidak dapat di-search. Terraforming tidak dapat dimasukkan ke deck ini karena slotnya sudah habis untuk Raigeki Break dan Skill Drain. Card Trooper sendiri amatlah riskan untuk di-summon karena dapat menjadi makanan empuk Crimson Blader. Drafunity Ruler di lain pihak, memiliki kecepatan pengisian grave yang menakjubkan. Hanya dengan dux dan phalanx, dia sudah bisa mendapatkan 3 naga di grave dan 1 di field. Belum lagi jika mereka juga menggunakan D.D.R. sebagai tech-nya, kecepatannya menjadi berlipat. Blue-Eyes Ruler, walaupun sedikit tidak konsisten, namun jika mendapat drawer yang tepat maka dia bisa membuang 5 naga lebih dalam satu turn dan langsung menarik Dragon Ravine. Build Random ini akan terbully-bully oleh kecepatan Dragon Ruler lainnya itu.

Tapi yang jelas, Dragon Ruler masih memiliki banyak kemungkinan-kemungkinan build yang lebih unik dan lebih kuat. Setelah Shadow Specter dirilis nanti, assuming Dragon Ruler belum di-forbid oleh Konami, kita akan kedapatan Mythical Water Dragon dan Mythical Earth Dragon yang akan membuka kemungkinan build 8-Axis Dragon Ruler dan memperbanyak target Trade-In. Deck ini jelas masih menyimpan banyak potensi.

P.S.: If anyone wondering why I didn't discuss about Mermail and Prophecy, it's because I haven't got enough experience fighting them. Hope I can update this writing when I already have enough experience with those decks :)

Comments

Popular Posts