Menuju NATS 2014


Bulan Mei ini tentu merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh Duelist di Indonesia. Sebab tanggal 17 Mei 2014 nanti akan diadakan NATS, turnamen Yugioh terbesar di Indonesia, yang mana pemenangnya jelas layak untuk disebut sebagai duelist terbaik di Indonesia.

Setidaknya terdapat empat nama duelist yang layak untuk diperhitungkan dalam NATS tahun ini. Yang pertama tentu adalah Novan Kristianto dari Bandung, selaku juara NATS tahun 2013. Yang kedua adalah Dean Septian yang berasal dari Bandung juga, selaku juara GT Jakarta yang diadakan bulan April lalu. Yang ketiga adalah Joshua Gunawan dari Jakarta, selaku juara Shadow Tournament yang diadakan Februari lalu. Terakhir adalah Muhammad Afrizal dari Semarang, selaku juara YCS Solo pada Desember tahun lalu.

Keempat kompetisi yang dimenangkan oleh mereka adalah kompetisi dengan peserta di atas 60 orang yang baru-baru ini diadakan (kecuali NATS 2013). Dan karena mereka telah mendapatkan Wild Card untuk NATS tahun ini yang otomatis memberikan akses langsung ke Top 64 NATS, maka peluang kemenangan mereka pun menjadi cukup tinggi mengingat track record-nya sebelumnya.

Akan tetapi, NATS terkenal selalu memberikan kejutan. Bahkan Novan Kristianto, juara NATS tahun lalu, sebelumnya belum pernah memenangkan turnamen berskala besar. Kita nantikan saja apakah NATS tahun ini akan kembali memberikan kejutan.

Salah satu fitur menarik dari NATS tahun ini adalah lowongan bagi orang yang ingin menjadi reporter selama turnamen berlangsung (tentunya dengan mendapat bayaran). Ini jelas kabar baik, sebab artinya CnG tahun ini sudah menganggap penting coverage dalam turnamen, sesuatu yang sangat tidak konsisten dalam penyelenggaraan NATS sebelumnya (Tahun 2012 terdapat video pertandingan final NATS yang di-publish di Youtube tapi tahun 2013 tidak ada satu pun video).

Dengan coverage yang lebih baik, maka duelist-duelist hebat Indonesia akan lebih mudah untuk terekspos ke seluruh komunitas di Indonesia dan akan menginspirasi duelist lain untuk menjadi sehebat mereka juga. My expectation is pretty high for this year's NATS.

Beberapa hal yang sempat kupertanyakan soal NATS tahun ini adalah keputusan CnG untuk mengadakannya sebelum PRIO keluar dan bahkan melarang ekspansi PRIO untuk digunakan. Namun kupikir ini adalah hal yang baik dan mereka jelas belajar dari pengalaman NATS tahun lalu dimana beberapa duelist yang kebetulan memiliki akses terhadap LTGY mendominasi NATS dengan Dragon Ruler yang belum ada obatnya ketika itu.

Dengan diadakan sebelum PRIO keluar, maka seluruh peserta NATS tidak akan melawan deck yang belum pernah mereka hadapi sebelumnya dan dapat dipastikan bahwa seluruh peserta dapat mencari semua part-part yang dibutuhkan untuk membuat deck kompetitif. Jadi NATS kali ini akan menjadi fair bagi semua orang and it's a good thing.

Dengan demikian, maka pilihan deck kompetitif bagi para duelist nanti akan jatuh pada Mythic Ruler, Geargia, Mermail, dan deck-deck tier 1.5 seperti Fire Fist, Harpie, Hieratic, dll. Geargia dan Mermail pasti akan menjadi pilihan paling populer di antara duelist-duelist yang ingin mengincar Top 16 NATS, walaupun beberapa pemain yang cukup pede dengan skill-nya akan lebih menyukai Mythic Ruler. Tapi Mythic Ruler akan mengalami kesulitan karena mereka harus menghadapi Evilswarm dan Rogue deck yang semuanya akan menggunakan floodgate card untuk menghentikan mereka dari melakukan play sedikitpun.

Tapi sekali lagi, NATS kerap memberikan kejutan. Pada tahun 2012 ketika metagame didominasi oleh trinity of Chaos Dragon-Dino Rabbit-Inzektor, Muhammad Afrizal yang menggunakan deck Agent, deck Meta dari tahun 2011, berhasil masuk ke final dan menjadi juara NATS. Jadi, deck apapun juga masih punya kesempatan untuk memenangkan NATS kali ini apalagi karena tidak akan ada Artifact atau Sylvan Charity yang harus dihadapi.

Aku tidak akan membuat analisis mendalam dari deck-deck yang akan masuk NATS di sini, I'm not too good with that. Tapi aku harap Florsheim akan membuat analisis seperti yang dibuatnya tahun lalu, that's really helpful.

Saran yang dapat kuberikan, terutama bagi duelist-duelist di luar kota, adalah jangan gunakan deck casual-mu di NATS. Biaya yang kalian keluarkan untuk datang ke Jakarta tentu tidaklah murah dan amat sayang jika seluruh pengorbanan tersebut tidak terbayar dengan prestasi maksimal. Jangan malu untuk mencari pinjaman Exciton dan No.101, kalau tidak punya, kalian akan sangat membutuhkannya.

With that said, good luck untuk semua duelist yang akan berangkat ke NATS!

Semangat Pagi =D

Comments

Popular Posts